MoU Antara Universitas Bondowoso dengan Pengurus Harian Ijen Geopark Wilayah Bondowoso

Ket. Foto : MoU dengan Pengurus Harian Ijen Geopark Wilayah Bondowoso

Dalam mendukung Ijen Geopark Bondowoso, Universitas Bondowoso beserta beberapa Perguruan Tinggi se-Bondowoso dan lembaga pendidikan lainnya mengadakan MoU. Kerjasama ini diharapkan dapat menjadikan kawasan ijen menjadi warisan dunia. Sebab Geopark sejatinya adalah sebuah wilayah geografi tunggal atau gabungan, seperti Bondowoso, Banyuwangi, Situbondo (segi tiga emas) yang mana memiliki Situs Warisan Geologi (Geosite) dan bentang alam yang bernilai, terkait aspek Warisan Geologi (Geoheritage), Keragaman Geologi (Geodiversity), Keanekaragaman Hayati (Biodiversity), dan Keragaman Budaya (Cultural Diversity)
Dalam sambutannya, Bapak Aris Setyo Raharjo, SST. Par. M.Si. menyampaikan keinginannya bahwa “Ijen bukan hanya warisan Bondowoso saja, melainkan nantinya sebagai warisan dunia. Sebab di dalammya terdapat keanekaragaman, baik situs budaya, kawasan wisata yang mengandung nilai-nilai pendidikan”.
Oleh sebab itu, dengan adanya kerjasama tersebut diharapkan Universitas Bondowoso dapat mengambil peran dalam menyukseskan Ijen Geopark Bondowoso menjadi warisan dunia. Mengingat terdapat beberapa Prodi di Universitas Bondowoso sesuai dengan cita-cita, semisal Prodi Keperawatan yang bisa mengambil peranan dalam menciptakan wisata sehat, atau Prodi Teknik Sipil dalam membangun kawasan dengan desain yang baik dan lain sebagainya.