42 Mahasiswa Program Studi D-3 Keperawatan Universitas Bondowoso akan Melaksanakan Capping Day

Sebanyak 42 mahasiswa program studi D-3 Keperawatan Universitas Bondowoso akan melaksanakan Capping Day di dua rumah sakit, yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr. Koesnadi dan Rumah Sakit (RS) Baladhika Husada DKT Jember.

Kegiatan itu akan dilaksanakan selama dua bulan. Namun, Sebelum terjun ke dua rumah sakit tersebut, terlebih dahulu dilakukan Prosesi Capping Day, Selasa (25/2/2020) di Aula Serba Guna, Jalan Panjaitan, Bondowoso.

Dalam acara prosesi tersebut, Wakil Bupati (Wabup) Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat, yang turut hadir dan memberi motivasi kepada sejumlah mahasiswa yang akan melakukan Capping Day, mengatakan bahwa Capping Day adalah moment bagi seluruh calon akademik keperawatan untuk mengaplikasi teori yang didapat selama masa kuliah tiga semester awal, kepada dunia nyata dan masyarakat.

“Saya contohkan, tokoh perawat dunia ibu Florence mendedikasikan dirinya untuk kemanusiaan. Jadi para calon kalau bisa menirunya,” ujarnya.

Harapan saya, lanjut Wabup, kepada semua para calon perawat, untuk terus beradaptasi dengan era teknologi.

“Mereka yang mempunyai kompetensi dan dedikasi memiliki peluang sangat besar untuk bekerja. Tapi sebaliknya, jikalau mereka tidak cepat beradaptasi maka akan terpinggirkan,” imbuhnya.

Sementara ketua Prodi D-3 keperawatan Universitas Bondowoso, Yohanna Dwi Agustin mengungkapkan bahwa caping day ini termasuk pembelajaran di klinik. Selama proses Capying Day, mahasiswa ini akan bergantian di dua rumah sakit tersebut.

“Nanti change, setelah belajar di Bondowoso. Kemudian nanti ke Jember,” ringkasnya.